​Testimoni Owner wuling surabaya : LEBIH BAGUS MOBIL JEPANG DARIPADA CHINA?!

Wuling motors

Oleh: Mas Ija
Kamu beli Wuling? Lho, itu kan mobil China? Astaga, kamu kan tahu, mobil china itu kualitasnya gimana? Gak takut lihat pengalaman yang dulu-dulu?
Bla bla bla.
Itulah kalimat-kalimat yang “terpaksa” saya terima saat memutuskan untuk membeli kendaraan kesayangan saya saat ini, Confero S Lux+.
Label “Mobil China” ini memang mau tidak mau jadi satu poin yang dijadikan oleh mereka-mereka (penganut paham main-stream yang tidak mau berpikir logis), untuk menjatuhkan pilihan saya ini.
Padahal apa salahnya ya dengan label ini?

Saya masih ingat pertama kali saya membeli hape Xiaomi saya (dulu sih, orang masih belum banyak yang tau brand tersebut). Banyak teman kerja saya yang meremehkan pilihan saya itu.
Bully-an yang paling sederhana: itu hape apa makanan?
Saya cuma ketawa aja.
Hey, tidakkah lebih bagus jika kalian bertanya ke saya, kenapa saya pilih itu daripada hanya sekedar mengolok-olok saja?
Saya pilih hape itu, karena saya tau, spesifikasi di dalamnya luar biasa bagus – dengan harga yang sangat terjangkau.

Terlebih lagi, itu sudah dibuktikan dengan jutaan pembeli yang sudah membuktikannya sebelum saya.
Ingat hukum bilangan besar, kan?
Balik lagi ke alasan kenapa saya memilih Wuling Confero ini.
Tentu saja saya tidak bodoh dengan asal pilih kendaraan yang akan saya gunakan sehari-hari ini. Karena di dalam kendaraan ini, nantinya akan terdapat nyawa orang-orang yang saya cintai – yang tentu saja tidak akan saya korbankan karena kecerobohan saya.
Pertama kali yang saya lakukan: saya cari tahu dulu, Wuling ini apa sih? Berhubung saya ini orang IT (ingat ya, saya bukan Sales); maka dengan gampang saya langsung browse-browse ke internet untuk mencari informasi tentang mereka.

Hasilnya memang mengejutkan saya. Mereka bukan sekedar pendatang baru yang numpang jualan di Indonesia.
Mereka sudah sangat well-known di negara asalnya; dan ke Indonesia pun, mereka tidak sekedar mengirim pasukan sales-nya ke negara kita untuk berjualan produk mereka.
Tapi mereka juga berusaha untuk membangun semuanya di sini: pabrik perakitan, suku cadang, dll.
Berikutnya yang saya cari tahu adalah : well, berhubung saya orang awam, saya cuma pengen tau fitur-fitur yang mereka sematkan di kendaraan ini.
Dan hey, semuanya ternyata jauh melebihi ekspektasi saya.
Dan terakhir: tentu saja test drive.
Saya ini orang yang ga gampang percaya sama omongan orang (apalagi sama sales. hahaha); karenanya test drive itu hal wajib untuk merasakan sendiri performa dari kendaraan itu.
Baru setelah test drive itu, saya jadi yakin 100%, kalo kendaraan satu ini sangat worth to buy. Saat mengendarai mobil ini, rasanya seperti berada di kendaraan yang jauh lebih mahal harganya.
Istilah Value for Money yang selalu mereka ucapkan selama ini, benar adanya.
Balik lagi ke atas, Bagus Mobil Jepang atau China?
Jawabannya sih relatif.
Hanya saja, dengan dana yang saya miliki saat ini (cuma 170an juta, dari hasil jual mobil lama dan tabungan yang ada), cuma Wuling Confero S Lux+ inilah yang paling baik menurut saya (dari sisi kenyamanan dan keamanan). 
Memang masih banyak yang lebih baik dari mobil ini, tapi tentu saja itu disertai dengan harga yang jauh lebih mahal – dan di luar jangkauan dompet saya.

Jadi, inilah pendapat awam saya, sekaligus bisa dijadikan bahan pertimbangan buat mereka-mereka yang berbudget tipis seperti saya.
Salam,
Mas Ija

Proud Owner of Wuling Confero S
PS: Oh iya, yang sudah terima unit-nya, ga ada salahnya kita bikin acara kumpul-kumpul, atau jalan-jalan ke mana gitu. Kita bisa bikin chapter surabaya, jakarta, dll. Sounds like fun!

Instagram : biker_mendowan

Facebook : biker mendowan

Email : bikermendowan@gmail.com


14 Comments

  1. d bandingin dengan HP :v semua hp tu rata2 pabrikan cina, bahkan samsung aja pabrikan cina. masa HP d bandingin dengan mobil, coba kita bandingin dengan sama2 mesin pacu beroda. ga inget Minerva? branding terbaik di china, udah kerjasama dengan pabrikan jerman SACH tapi hasilnya? melempem wkwk

  2. Kalau saya termasuk orang yg agak pesimis sama produk otomotif china yg dipasarkan di Indonesia. Sy tdk ragukan yg dipasarkan di china, tp ragu dgn yg dipasarkan di Indonesia. Ragu dgn siapa yg memasarkan disini.
    Pengalaman di dealership truk, yg bahkan banyak manufacturer truk china yg sdh kerjasama dgn merek2 terkenal eropa dan jepang. Produk mereka disini terlihat gak bagus dan dukungan dealer/atpm yg kurang maksimal. Sparepart sulit dicari, investasi awal murah tp sparepart yg ada kualitasnya gak bagus ya akan merongrong nantinya, atau sparepart bagus dan murah tp barang tdk ready ya sami mawon.
    Kl sy sbg buyer, sy mgkn akan liat 5tahun lagi sblm memutuskan beli. Biar lebih keliatan bgmn kondisi unit dan dukungan dealer ke produk tsb.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*