STOP MEROKOK SAAT BERKENDARA MASBROO

TIDAK MENGHISAP ROKOK SAMBIL BERKENDARA
(Himbauan Untuk Pengguna Sepeda Motor: Mohon Untuk Tidak Merokok Saat Mengendarai Motor, Itu Berbahaya!)
ROKOK
Siapa sih yang tidak  mengenal benda yang satu ini? Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya. Setidaknya kurang lebih begitu gambarannya.
Mungkin telah banyak artikel serupa yang membahas tentang rokok. Namanya manusia cenderung mudah lupa akan sebuah peringatan. Jadi saling mengingatkan tidak ada salahnya bukan.
Kecanduan merokok memang sangat sulit dihilangkan. Sudah banyak cara dilakukan oleh pemerintah dari berbagai negara untuk memperingatkan warganya akan bahaya merokok dan segala akibatnya, seperti peringatan kesehatan pada iklan dan pada bungkus rokok. Rokok bisa menjadi ancaman serius akan rusaknya kesehatan dan mental masyarakat yang merokok. Setidaknya apa saja efek yang ditimbulkan oleh rokok sudah tertera jelas disetiap bungkus rokok.
Mengendarai motor ataupun mobil adalah suatu pekerjaan yang paling berbahaya, semua pemilik kendaraan baik motor ataupun mobil pasti setuju. Pernyataan ini bukannya tanpa alasan, data yang berbicara, bahwa salah satu penyebab kematian terbesar adalah karena kecelakaan lalu lintas. Kenapa? Karna saat menyetir kita harus bisa mengantisipasi kesalahan yang disebabkan oleh pengendara lain. Tidak ada penyelesaian khusus untuk menentukan siapa saja yang bisa masuk jalan raya, apesnya lagi tidak semua orang mahir menyetir namun sudah memiliki SIM (Surat Ijin Mengemudi).


Begitu beragamnya pengguna jalan tentu membawa kepentingan dan kondisi psikologis yang berbeda – beda pula, karena itu kita dituntut memiliki kewaspadaan dan konsentrasi penuh selama mengemudi. Yang sering menjadi pertanyaan, seberapa besar konsentrasi mengemudi kita yang terpakai, sehingga saat melakukan aktivitas lain selain mengemudi sangat tidak dianjurkan? Tidak tahu berapa angka yang pasti, hanya saja itu pasti angka yang cukup besar hingga mengakibatkan pemilik kendaraannya tidak lagi memperhatikan kondisi sesama pengguna jalan yang lain.
Peringatan Untuk Pengguna Sepeda Motor:

Mohon Untuk Tidak Merokok Saat Mengendarai Motor. Itu Berbahaya!
Sebagai sesama pengguna jalan, penulis sering sekali menemukan beberapa aktivitas buruk yang seharusnya tidak lakukan oleh pengemudi khususnya pengguna sepeda motor. Merokok. Yup, mengendarai motor sambil merokok. Dimana letak bahaya-nya? mungkin memang bukan pada sipelakunya, tapi justru pada pengendara motor yang lain. Pengendara motor yang ada tepat dibelakang sipelaku pengguna motor sambil merokok.
Bisakah anda bayangkan saat anda mengendarai motor sambil merokok, kira-kira kemana angin akan membawa debu rokok anda? Pastilah kebelakang anda, kira-kira siapa yang terkena sisa debu rokok anda? Ya pengguna motor dibelakang anda juga, sudah pasti itu akan mengenai jaket pengguna motor yang dibelakang anda. Atau mengenai wajah pegendara motor yang lain dan mungkin yang lebih fatal lagi bisa saja mengenai mata pengguna motor yang lain.
Mari kita berandai-andai. Bayangkan saat anda mengendarai motor sambil merokok dijalan raya, lalu anda menjentikkan sisa rokok yang sudah terbakar dengan jari anda, apakah ia hanya debu saja? selalu masih ada sepercik bara api diantara sisa-sisa debunya, teman. Lalu kira-kira dimanakah letak bahayanya? Debu rokok yang sudah anda jentikkan ternyata terbang dibawa angin lalu mengenai tangan pengguna sepeda motor yang ada dibelakang anda. Karna debu rokok anda masih panas, saat mengenai kulit tangan pastilah akan menimbulkan perih.
Menurut anda, apakah ia yang terkena sisa debu rokok anda masih bisa berkonsentrasi saat mengendarai motor? Tidak. tentulah ia akan terkejut, lalu motor yang dibawanya-pun menjadi oleng dan besar kemungkinan ia akan kehilangan keseimbangan lalu jatuh atau mungkin menabrak pengguna jalan yang lain.
Seperti dikutip dari informasi mengenai bahaya merokok sambil berkendara oleh TMC Polda Metro Jaya “Abu dan bara rokok dapat membahayakan penglihatan Pengendara lain ketika masuk ke mata. Iritasi pada mata membuat Pengendara lain menjadi kurang fokus”.
Sayangnya belum banyak artikel yang menyorot perihal berbahayanya melakukan aktivitas merokok saat mengendarai motor.


Sekedar himbuan buat teman-teman sesama pengendara motor, mohon untuk tidak melakukan aktivitas apapun selama dijalan raya. Itu sungguh sangat berbahaya. Belajarlah menahan diri untuk tidak merokok dijalan raya.
Bukankah pemerintah sudah memberikan peringatan akan bahaya merokok? Pengguna jalan bukan hanya anda saja. Belajarlah bertoleransi dengan sesama pengguna jalan agar perjalanan dan berkendara aman, nyaman dan selamat sampai tujuan. Mudah, bukan?
Author

Dorma Jadi Haulian Situmorang

(Kompasiana)

Model

Aly Said Fitriadi Tim

Editorial

Raden Aryo Sigit
Htci Pengda Dki Jakarta


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*