Terungkap ini rahasia Mitsubishi expander kalahkan Toyota Avanza Mobil sejuta umat


Strategi Xpander merebut pasar

Setelah enam tahun tidak tergeser sebagai mobil terlaris di Indonesia, baik dalam kelasnya maupun dalam seluruh kelas mobil, pada bulan februari 2018 akhirnya mobil sejuta umat ini berhasil digeser oleh Mitsubishi Xpander, … setelah nyaris seperti tidak mungkin dikalahkan, akhirnya sang juara harus menyerahkan gelarnya.

ibaratnya sekeras apapun pukulan mike tyson  akhirnya ada juga Evander Holyfield yang lebih kuat menahan pukulan, secepat apapun valentino rossi akhirnya muncul marc marquez yang lebih cepat.
Setelah sempat mengalami masa jayanya dengan mobil Mitsubishi Galant dan Lancer  dan akhirnya seri galant dan lancer berakhir dan anehnya Mitsubishi malah menghentikan penjualan seri tipe ini di Indonesia. Bagi konsumen keputusan diskontinuitas seperti yang dilakukan oleh Mitsubishi sangat tidak disukai.
Krisis  rasa percaya ini yang paling berat harus dihadapi oleh Wuling untuk dapat masuk dan mapan di pasar mobil di Indonesia setelah pendahulunya cherry dan mocin yang sempat heboh dan kemudian lenyap. 

Setelah Xenia cukup puas hadir sebagai pelengkap, kemudian muncul Suzuki Ertiga mencoba peruntungan merebut takhta MPV dari Avanza namun hanya berhasil mendapatkan secuil pasar, jauh dari bisa menggeser posisi Avanza. 
Penantang lain seperti Nissan Grand Livina dan Honda Mobilio yang juga merek Jepang dan memiliki jaringan penjualan sama dengan Avanza tetap tidak berhasil mendekati posisi mobil sejuta umat ini. Chevrolet Spin yang seperti lone wolves bertarung dengan para samurai di kelas MPV akhirnya berakhir dengan lari dari arena karena sudah buntung.   
Setelah hilangnya Galant dan Lancer, disusul dengan terjungkalnya Mitsubishi Kuda ketika berhadapan dengan kijang.  Mitsubishi nyaris menjadi seperti samurai tak berpedang di kelas non kendaraan komersial. Beruntung di kelas truk Mitsubishi tetap Berjaya.
Bagaimana Xpander bisa mengalahkan Avanza ? beberapa hal yang dapat kita simpulkan dari keberhasilan ini adalah :
Strategy Extension of Current Product, strategi ini dengan memanfaatkan konsumen loyal produk Mitsubishi yang sudah eksis di pasar. Produk ini pastilah Mitsubishi Pajero yang sudah sangat popular dan juga berhasil memimpin pasar SPV dengan mengalahkan andalan Toyota, yaitu Fortuner.
Extension of Current Product ini dikembangkan dengan vertical concept, ibaratnya minuman mineral yang sudah terkenal dan punya penggemar setia dengan kemasan 1  liter, tentu akan sangat mudah menjual produknya dengan kemasan 0.5 liter. Para penggemar Pajero dengan membeli Xpander serasa sudah hampir punya Pajero.  
Strategi Horizontal Concept, dalam industry mobil ilustrasi konsep yang sudah sangat terkenal adalah pada saat Ford meluncurkan mobil awalnya adalah selalu dengan warna hitam dan terkenal dengan motto “any color as long as it is black” , namun karena kerasnya persaingan akhirnya ford membuat mobil dengan berbagai warna seperti biru dan merah. 
Horizontal Concept ini dengan menciptakan differensiasi dalam desain eksterior yang lebih sporty, futuristic dan lebih lebar dan panjang, kepopuleran Avanza juga punya sisi gelapnya, saking banyaknya beredar mulai terlihat membosankan dan Toyota seperti terlambat untuk mendisrupsi model Avanza ini. 
Xpander tidak bermain bermain di sisi Price, mereka menjual justru dengan harga yang sedikit di atas Avanza, barangkali positioning sebagai little Pajero menyebabkan differensiasi adalah di sisi kemewahan eksterior dan interiornya. 
Dan pada bulan Februari 2017 mobil sejuta umat ini dikalahkan oleh Xpander sebagai Raja Terlaris di kelas MPV  , jadi tidak ada yang mustahil untuk dikalahkan. 

Ini daftar 20 besar penjualan mobil bulan Februari 2018 :

1. Mitsubishi Xpander: 7.400 unit

2. Toyota Avanza: 6.773 unit

3. Suzuki Ertiga: 4.223 unit

4. Daihatsu Xenia: 2.529 unit

5. Honda Mobilio: 1.514 unit

Writen by : Mr. Syahrul rusli