Jalan cilapar-selanegara purbalingga rusak parah : kepriben ?


Jalan Cilapar-Selanegara Rusak Parah, Apa Jalan di Desane Sampeyan juga rusak ??

Kondisi Jalan antara Desa Cilapar menuju Desa Selanegara, Kecamatan Kaligondang, memprihatinkan. Jalan berlubang bahkan sudah tiga tahun belum ada perbaikan. Salah satu perangkat Desa Cilapar, Sumarno mengatakan, usulan pemeliharaan jalan Cilapar- Selanegara sudah berkali-kali dilakukan pada setiap musrenbang, dan baru kali ini direspon pemerintah.

“Pada saat acara ruwat bumi, kami mengundang bapak bupati. Bupati menemukan jalan rusak tergenang air di salah satu titik jalan di Cilapar. Lalu bupati memerintahkan agar jalan Cilapar-Selanegara diperbaiki pada tahun 2018 ini,” kata Sumarno, kemarin.

Sumarno berharap, pemeliharaan jalan yang akan dilakukan dapat dibarengi dengan pelebaran jalan. Pasalnya, kondisi jalan masih sempit dan sulit dilalui ketika dua kendaraan roda empat berpapasan. “Panjang jalan 4 ribu meter lebih, dan sekitar 2 ribu meter kanan kirinya sawah. Beberapa kali terjadi kecelakaan karena ada truk dengan mobil sedan yang berpapasan.

Jalan sempit dan truk terpeleset ke sawah,” uangkapnya. Ruas jalan Cilapar-Selanegara yang saat ini rusak 90 persen, merupakan akses utama yang dilalui masyarakat dari Dusun Karang Sengon Cilapar menuju kota atau kecamatan untuk memasarkan hasil pertanian di desa. Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Nugroho Priyo Pratomo mengatakan, jalan desa Cilapar-Selanegara akan dilakukan pemeliharaan dengan diaspal ulang.

Kegiatan pemeliharaan jalan dialokasikan Rp 646 juta lebih. Selain itu, pada pemeliharaan jalan juga akan dilakukan pelebaran di beberapa titik. (amr/sus)

Sumber: radarbanyumas