Pemalak di kawasan thamrin city diciduk polisi

Polsek Metro Tanah Abang Tangkap 8 Orang Pemalak di Kawasan Thamrin City Tanah Abang

poldametrojayadotinfo – Senin, 4 Juni 2018

Jakarta – Polsek Metro Tanah Abang terus memburu pelaku pemalakan (pemeras) terhadap pengendara yang melintas di kawasan Thamrin City, Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Hingga hari ini, polisi sudah mengamankan delapan orang pelaku.

Kapolsek Metro Tanah Abang AKBP Lukman Cahyono mengatakan, selama tiga hari dilaksanakan operasi dari tanggal 1-3 Juni 2018, pihaknya telah menangkap delapan orang tersangka pemerasan, yakni berinisial NT (37), ES (29), AR (22), YR (28), AMB (28), DS (31), AM (40), MM (39).

Barang bukti yang disita dari para pelaku yakni uang tunai Rp722.500, karcis retribusi 78 lembar dan karcis parkir 130 lembar. Saat ini para pelaku ditahan di Polsek Metro Tanah Abang guna penyidikan lebih lanjut.

“Para pelaku dikenakan Pasal 368 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal sembilan tahun,” ujar AKBP Lukman kepada wartawan, Senin (4/6/2018).

AKBP Lukman menjelaskan, modus operandi dari para pelaku adalah menarik biaya retribusi kepada kendaraan angkutan barang yang melintas, seperti truk, pikap, dan mobil box, yang melintas di wilayah Jalan Kebon Kacang Raya atau sekitaran Thamrin City

“Para pelaku menarik biaya parkir dengan biaya tinggi dan dengan paksaan,” kata AKBP Lukman

Untuk mengelabui korban, pelaku memberikan karcis retribusi yang difotokopi sendiri dan tertera biaya Rp10.000, dan karcis parkir dengan biaya Rp30.000. “Mereka menarik biaya tersebut dengan cara memaksa atau mengancam,” ucap AKBP Lukman.

Di seputaran Thamrin City terdapat dua lokasi yang terdapat kelompok yang melakukan aksinya dengan modus biaya retribusi untuk wilayah setempat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*