Longsor, Talud Jalan Tlahab-Siwarak


Longsor, Talud Jalan Tlahab-Siwarak

 

Proyek peningkatan jalan Tlahab Lor-Siwarak (Karangreja) yang digadang-gadang bisa selesai 100 persen bulan ini atau maksimal Desember, harus terkendala adanya tebing dan jalan yang longsor. Imbasnya, pekerjaan tahap akhir pengecoran jalan belum bisa dilanjutkan.

 

 

“Kalau tetap dilanjutkan saya khawatir kedepannya akan longsor lagi. Jadi akan kita bahas kembali langkah konkret yang akan dilakukan. Jika dilakukan pengalihan, juga harus dibahas kembali. Artinya, jalur yang akan dibeton dialihkan ke ruas lahan yang aman dari longsor,” kata Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM, saat mengecek proyek, Rabu (14/11).

 

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR) Ir Sigit Subroto MT mengatakan, ada talud jalan yang longsor sekitar 50 meter. Padahal progres pekerjaan sudah 82 persen.

 

 

Sigit menuturkan, belum bisa memastikan gugurnya talud masuk kategori bencana atau bukan. Sehingga, pihakanya belum bisa memastikan akan tetap membayar sesuai rencana awal atau ada pengganti.

 

 

“Nanti setelah dirapatkan dan ada analisis dari tim khusus, baru bisa kita tentukan. Apakah masuk kategori murni bencana atau karena kesalahan rekanan. Kalau murni bencana kami tetap bayar sesuai volume yang ada,” katanya.

 

 

PT Iza Jaya Abadi selaku pelaksana mengatakan, progres pengerjaan mengalami deviasi plus 7 persen. Sebelumnya telah dilakukan pengecoran talud sepanjang tepi jalan. Namun, talud sepanjang 50 meter longsor saat hujan deras beberapa hari terakhir.

 

 

“Kondisi ini menurut saya force major, jadi karena bencana. Bukan kesalahan kami,” tegas Komisaris Utama PT Iza Jaya Abadi, Samsurijal Hadi.

 

 

Seperti diketahui, proyek peningkatan jalan Tlahab Lor-Siwarak rencananya akan menembus rute sampai komplek objek wisata Goa Lawa (Siwarak). Proyek yang dialokasikan dari dana bantuan khusus (DAK) sebesar Rp 10 miliar, diselesaikan dua tahap. (amr/sus)

 

 

Sumber: https://radarbanyumas .co.id/longsor-talud-jalan-tlahab-siwarak/
antaranews. com