Serba serbi kelistrikan new vixion

Tips kelistrikan New vixion..
Sekitar 1.5th yg lalu pasang lampu HID H4.

Selama pemakaian 1th lbh tidak ada masalah.lampu jadi terang,dan kelistrikan pun aman.
Masalah muncul sekitar 2bln lalu,pemakaian lampu HID 14bln,ketika itu usia pakai accu sekitar 2th.

Gejala awal duoble starter sering gak bisa,kontrol injeksi dlm sepidometer sering nyala.

Indikasi awal accu rusak,waktunya ganti.
Di gantilah accu baru,tapi sekitar 1bln berikutnya kontrol injeksi sering nyala lagi.

Motor juga sering mogok.

Padahal duoble starter normal,lampu HID pun nyala normal.

Karena kelistrikan/sistim pengisian bagus,accu juga bagus,maka saya sarankan cek ke beres.
Hasil pemeriksaan d beres dinyatakan ECU injeksi rusak.

Diduga karena kerja ECU sering tidak mendapatkan suplai arus yg cukup.

Adanya tambahan lampu HID sehingga mengganggu kinerja ECU,terutama saat RPM rendah.
Akhirnya ECU d ganti baru dan lampu HID di lepas.

Lampu utama kembali menggunakan lampu standart.
Karena ini motor harian,sering dipakai pulang malam dan tidak semua jalan yg dilewati terdapat penerangan jalan yg cukup,maka oleh si pemakai merasa penerangan lampu standar sangat kurang.

Bahkan cenderung membahayakan.

Apalagi saat musim hujan dan tidak semua jalan mulus.

Sering kali ketemu lubang jalanan yg cukup dalam dan itu sangat membahayakan si pengendara.
Minggu lalu motor ini di bawa ke bengkel dg keluhan lampu tidak terang.

Sempat di ganti LED tapi kepadatan sinar lampu LED kurang bagus saat kondisi hujan lebat.
Akhirnya minta solusi supaya lampu tetap terang namun tidak mengganggu kinerja injeksi.
Solusi ada motor di fullwave dan di pasang lampu HID lagi.
Kesimpulan:
Motor new vixion yg standar pabrik lampu utama masih ngikut putaran mesin/AC.

Apabila mau ganti lampu HID harus di rubah DC.

Ketika RPM diatas 2000 HID nyala,sistim pengisian sudah surplus.(di ukur menggunakan ampere meter)

Masalah terletak ketika RPM di bawah 2000(seperti saat berhenti di lampu merah/macet) sistim pengisian menunjukkan angka minus.

Saat accu motor masih bagus minus arus ini dapat terkaver oleh accu.

Namun saat accu dah mulai berumur/rusak maka masalah ini akan mengganggu kinerja injeksi.

Saran:
Apabila anda ingin padang lampu HID/aksesoris lain yg butuh daya gede alangkah baiknya kalo sistim pengisian di buat full DC/fullwave (bila motor belum full DC)
Tujuan agar menjamin pasokan listrik di sepeda motor terpenuhi dg baik.

Karena dg d fullwave maka semua pengisian yg dihasilkan spull akan di alirkan ke accu melalui regulasi kiprok baru ke beban.

Berbeda dg sistim pengisian AC.sistim pengisian AC sebagian listrik yg di hasilkan spull di pakai untuk mengisi accu baru ke beban,sebagian di alirkan ke lampu.

Sehingga ketika beban lampu utama di pindah ke accu/full DC maka antara beban dan pengisian tidak seimbang.
Semoga bisa menginspirasi dan menjadi ilmu tambah buat kita semua.

Utamakan keselamatan dalam berkendara.
#Didikjepara_variasi

Jl simongan raya no 193 semarang.

Wa 085229371356.


2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*