Buku saku modifikasi : Hal yang perlu anda tahu sebelum modif


Tips dan trik modifikasi

Sebelumnya mohon maaf dan ijin buat para senior, suhu..

Hanya sedikit tips buat rekan” bikers yg ingin memodifikasi/menambah aksesories tunggangannya.

1. Sebelum melakukan modifikasi sebaiknya ditentukan terlebih dahulu tujuan dari modifikasi itu sendiri untuk apa, untuk fashion/sekedar untuk penampilan atau untuk fungsional/mengutamakan kegunaan.

2. Jika untuk fungsional jg harus ditentukan untuk harian dalam kota atau untuk touring keluar kota/antar pulau.

3. Modifikasi jg sebaiknya dipertimbangkan hal” a.l :

Tidak mengurangi fungsi, tidak mengganggu/membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan yg lain, tidak melanggar ketentuan hukum (UU Lalu Lintas No. 22 Tahun 2009).


4. Hal” lain yg lebih penting untuk dipertimbangkan ialah :

“GARANSI”, untuk motor yg masih dalam masa garansi jika terjadi sesuatu, pihak pabrikan akan menolak jika sdh terjadi perubahan dari kendaraan (motor) tersebut.

” ASURANSI”, pihak asuransi biasanya akan menolak klaim asuransi apalagi sudah merubah rangka/mesin standard pabrikan, terkecuali perubahan sdh dilaporkan kepihak asuransi.

“SAFETY”, tetap prioritaskan keamanan diri sendiri dan orang lain dalam melakukan modifikasi. Ingat “Hak kita dan pengguna jalan yang lain adalah SAMA”.

” BIAYA/COST”, ini yg harus diperhitungkan terlebih dahulu, jadi sebaiknya browsing atau tanya” dulu estimate cost nya spy jgn sampai terbengkalai gara” ada yg tidak terbeli.

Mungkin sementara itu aja, silahkan bagi rekan” yg sdh berpengalaman untuk menambahkan demi kebaikan kita bersama..


Salam bikers..

Jadilah pelopor Keselamatan Berlalu lintas..